Contoh teks prosedur kompleks yang baik dan benar


Teks prosedur kompleks adalah salah satu dari jenis teks yang berbentuk eksposisi atau penjabaran secara jelas. Teks prosedur kompleks terdiri atas klasifikasi umum dan klasifikasi khusus, pada klasifikasi khusus ada proses dan imperatif atau kalimat perintah. Pertama kali yang harus kita tentukan adalah tema setelah itu kita mulai menjabarkan dari klasifikasi umum ke klasifikasi khusus dan pada klasifikasi khusus terdiri atas kalimat perintah untuk menyuruh atau sebagai langkah langkah melakukan sesuatu. Dan jangan lupa untuk membuat judul yang menarik agar teks prosedur kita dibaca oleh orang.

Berikut adalah contoh teks prosedur kompleks yang bertema kan tentang pendidikan :


Pelajar yang berkarakter

Pendidikan adalah elemen yang sangat penting dalam kehidupan. Pendidikan merupakan tolak ukur kemajuan suatu bangsa. Salah satu unsur yang paling penting dalam pendidikan adalah pelajar. Artinya, pelajarlah yang menentukan baik buruknya pendidikan suatu negara.

Di Indonesia, pendidikan mengalami keterpurukan. Selain karena sistem pendidikan yang carut marut, keterpurukan pendidikan di indonesia juga dipengaruhi oleh perilaku pelajar yang tisak sesuai dengan norma dan aturan, seperti tawuran, merokok, dll.

Untuk memperbaiki pendidikan di indonesia, diperlukan pendidikan yang berkarakter sehingga pelajar memiliki karakter yang baik. Untuk menjadi pelajar yang berkarakter, haruslah mengikuti langkah langkah berikut :

1. Budayakan untuk memiliki adab dan sopan santun yang baik
2. Hindarilah untuk berlaku curang
3. Biasakanlah untuk bertanya kepada guru jika belum paham
4. Diskusikanlah pelajaran dengan teman bila perlu

Demikian lah postingan kali ini semoga bermanfaat

4 komentar: