Contoh teks report (laporan) yang baik dan benar


Untuk membuat teks report yang baik, kita harus melakukan observasi dulu terhadap apa yang ingin kita tulis  atau dilaporkan.Setelah itu kita mulai menyusun dengan dari khusus ke umum.Misalnya kita mau melaporkan tentang mobil, pertama kita harus menjelaskan mobil secara umum lalu mengrucut ke pembahasan misalnya mobil yang ramah lingkungan. Teks laporan atau report berbeda dengan teks deskripsi, perbedaan nya terletak pada topik pembahasan, kalau teks report membahas secara umum atau general, sedangkan teks deskripsi hanya membahas satu hal.

Berikut adalah contoh teks report :

Mengintip Keindahan Burung Cendrawasih

Burung yang memiliki nama ilmiah aves adalah salah satu dari ribuan bahkan juta an spesies yang ada di bumi. Dengan banyaknya jumlah spesies di bumi, manusia lebih cenderung untuk memilih burung sebagai peliharaan nya. Faktor yang paling mempengaruhi adalah karena burung memiliki keistimewaan pada bulunya. Sehingga tak ayal jika burung selalu menjadi primadona bagi kaum laki - laki terutama.

Salah satu burung yang memiliki keindahan warna tubuh adalah burung cendrawasih. Burung ini sering di temukan di indonesia bagian timur terutama di papua. Burung yang meiliki nama latin Paradisaea ini memiliki ukuran yang beragam tergantung jenisnya. Dari yang terkecil yaitu jenis burung cendrawasih raja dengan ukuran berat 50 gram dan panjang 15 cm dan yang terbesar adalah jenis cendrawasih paruh sabit hitam dengan panjang 110 cm.

Spesies yang paling indah bulunya adalah cendrawasih kuning besar atau bahasa latinnya paradisaea apoda. Burung ini memiliki perpaduan warna yang khas yaitu kuning berlapis putih pada ekornya. Dan sebagian tubuh cendrawasih kuning besar ini berwarna coklat tua. Yang membuat cendrawasih kuning besar ini berbeda dari burung lainnya adalah degradasi warna hijau dan kuning padda kepalanya yang terlihat sangat mencolok.


Sekian postingan kali ini semoga bermanfaat

3 komentar: