Teks Prosedur Kompleks Ber tema Pelajar



Pelajar dan Tawuran

Remaja adalah masa transisi dari anak - anak menuju deawasa. Sehingga para remaja memilki emosi yang labil dan juga cenderung mecari jati dirinya. Masa remaja kadang kala mengubah sifat seseorang dari baik menjadi jelek atau sebaliknya tergantung teman. Pada masa remaja juga ada sifat saling suka antara lawan jenis.

Dunia remaja di indonesia sangatlah buruk. Surat kabar, Televisi, dan media cetak lainnya tidak henti - hentinya memberitakan tentang kenakalan remaja. Mulai dari tawuran, narkoba, bahkan sampai pergaulan bebas. Salah satu yang paling sering terjadi adalah tawuran. Banyak faktor - faktor yang mempengaruhi tawuran, diantaranya adalah dendam lama dan saling ejek antar sekolah.

Emosi para remaja yang labil, membuat emosi dan fikiran pada remaja mendorong untuk tawuran. Tawuran memberi efek negatif bagi remaja dan lingkungan tempat tawuran. Selain membuat terluka satu sama lain, juga merusak tempat - tempat umum. Untuk mengurangi tawuran, remaja harus mengikuti langkah - langkah berikut :

  1. Budayakan untuk saling bersilaturrahmi antar remaja
  2. Biasakan untuk menahan amarah
  3. Meminta maaf lah jika pernah bersalah
  4. Selalu berfikir logis untuk bertindak atau melakukan sesuatu
Sekian postingan kali ini dan semoga bermanfaat

2 komentar:

  1. Maaf, tapi menurut saya, teks diatas adalah teks eksplanasi. Bukankah Teks prosedur kompleks berciri penomoran, kalimat perintah, dan singkat padat jelas. Sedangkan teks diatas lebih condong kepada penjelasan. maaf kalau pernyataan saya salah. Afwan.. :)

    ReplyDelete
  2. @anonim iya, tetapi dulu sebelum saya ganti template bernomor dan juga ada kalimat perintahnya, namun ketika saya ganti template yang ini jadi nomornya hilang dan mohon dimaklumi :D . memang benar pendapat saudara singkat dan padat serta berisi perintah

    ReplyDelete