Khutbah Jum'at di Masjid Annur (18/04/2014)


Orang - orang yang beriman dilarang oleh Allah untuk menjadikan orang yahudi, nasrani, atau orang kafir sebagai pemimpin. Karena sifat mereka terhadap agama islam yang mencela dan menjadi bahan ejekan. Kepemimpinan di dalam islam memiliki kedudukan yang sangat tinggi dan cenderung dilebihkan. Hukumnya haram bagi kaum muslimin 3 hari dan 3 malam tidak memiliki pemimpin. Di dalam urusan yang sederhana seperti bepergian dengan berkelompok, Allah menyuruh untuk memilih pemimpin di dalam kelompok yang bertujuan untuk memimpin perjalanan kelompok tersebut.

Di dalam agam islam, pemimpin memiliki tanggung jawab yang sangat berat, baik tanggung jawab terhadap apa yang dipimpin dan tanggung jawab terhadap Allah SWT. di akhirat kelak. Contoh sederhana pada zaman nabi, ketika itu terjadi kekosongan kekuasaan karena sepeninggak kholifah khulafaurrasidin. Kemudian sahabr pun berunding dan sepakat untuk memilih Umar bin Abdul Aziz sebagai kholifah karena sifatnya dan akhlaknya yang mulia. Setelah Umar bin Abdul Aziz tahu akan kabar itu, dia kemudian mengucapkan Innalillahi wainnailaihi raji'un. Karena Umar bin Abdul Aziz tahu bahwasanya menjadi pemimpin apalagi seorang khalifah bukan merupakan perkara yang mudah. Dia tahu bahwa menjadi seorang pemimpin memiliki resiko yang sangat besar.

Berbeda dengan zaman sekarang, kondisi seakan - akan terbalik karena zaman sekarang ramai orang  - orang untuk berlomba menjadi pemimpin dan seakan tidak tahu tanggung jawab yang dipegang sangat besar. Ciri - ciri pemimpin yang yang baik itu ada 8, yaitu :

  1. Menjaga agama islam dan menegakkan syari'at islam
  2. Kuat dan Amanah
  3. Bertakwa kepada Allah SWT.
  4. Amanah, Adil, dan tidak berbuat dholim terhadap yang dipimpinnya
  5. Bertanggung jawab dan tidak sombong
  6. Tegas dan teguh dalam memegang prinsip yang telah ditentukan
  7. Berakhlaq, berbudi pekerti, dan memiliki suri tauladan yang baik
  8. Menunaikan janji - janji terhadap rakyat atau yang dipimpin.
Rasulullah SAW. bersabda : "Barang siapa yang diamanahkan kepadanya sebuah kekuasaan atau kepemimpinan dan dia mati dalam keadaan menipu terhadap apa yang dipimpinnya, maka diharamkannya surga". Di akhir zaman akan lahir pemimpin - pemimpin yang tidak amanah, selalu berbohong, dan berlaku dholim. Dengan adanya pemimpin - pemimpin yang seperti kriteria diatas, maka kiamat akan semakin mendekat.

Khutbah : Aminuddin

Terima kasih sudah membaca dan semoga bermanfaat.

0 komentar:

Post a Comment