Khutbah Jum'at di Masjid Annur (25/04/2014)


Di dalam Al – Qur’an banyak ayat yang menerangkan tentang taqwa dan keimanan. Jika Pemimpin di suatu negeri beriman dan bertaqwa maka Allah akan membukakan pintu rahmat dari langit dan bumi. Dan juga member kemakmuran dan rezeki yang berlimpah bagi negeri itu. Sebaliknya, jika pemimpin dan penduduk negeri itu mengingkari ayat – ayat Allah maka Allah akan menimpakan kepada negeri itu azab yang sangat besar.

Al – Qur’an memberi petunjuk untuk memilih seorang presiden yaitu yang memiliki sifat amanah, beriman dan bertaqwa. Ketika presiden sudah memiliki sifat iman dan taqwa maka presiden itu tidak akan melakukan korupsi. Pada zaman khalifah Umar bin Khattab ada pemuda yang menggembalakan kambing di padang rumput. Dan saat itu khalifah sedang melakukan safari keliling negeri untuk melihat keadaan rakyatnya. Dan ketika sampai di sebuah padang rumput, khalifah melihat pemuda itu kemudian menghampirinya dan bertanya, “ Hei pemuda, kambingmu besar dan bagus – bagus boleh saya beli satu ekor ?”. Kemudian si pemuda menjawab, “ Kambing yang tuan lihat ini bukan milik saya, ini milik majikan saya dan saya hanya menggembalakannya”. Kemudian khalifah pun bertanya lagi, “ Kalau begitu bohongi saja majikanmu, katakana saja padanya kambing yang saya beli ini dimakan oleh macan”. Pemuda tadi pun dengan lantang menjawab,” Walaupun tuan menawar dengan harga 1000 dinar pun saya tidak akan menjualnya, karena ini bukan hak milik saya, apakah tuan tidak tahu ada Allah yang senantiasa mengawasi kita ?”. Mendengar jawaban itu, khalifah pun tersenyum dan menjadikan pemuda itu sebagai sekretaris kerajaan.

Kita hidup di alam dunia ini, senantiasa diberi cobaan oleh Allah SWT. Ujian yaitu salah satu hal yang menyusahkan manusia. Suatu waktu, Nabi membawa lampu dan tak lama berselang lampunya pun mati dan Rasulullah dengan spontan mengatakan kalimat istirja’ Innalillahi Wainnailai Raaji’un. Melihat kejadian itu, Aisyah istri nabi bertanya, “ Wahai Rasulullah, kenapa engkau mengucap kalimat Istirja’ pada hal sekecil itu ?”. Rasulullah pun menjawab, “Segala sesuatu yang menyusahkan manusia adalah musibah”. Orang yang tinggi ujiannya maka tinggi pula imbalan yang didapatnya.

Khutbah : Munir Ahmad


Terima kasih sudah membaca dan semoga bermanfaat.

0 komentar:

Post a Comment