Khutbah Jum'at di Masjid Annur (11/04/2014)


Tanggal 9 april kemarin kita telah melakukan pemungutan suara. Yang mana dengan adanya pemilu maka rakyat Indonesia memiliki wakil rakyat yang baru dan semoga memiliki sifat yang amanah. Para wakil rakyat atau anggota DPR RI, DPR tingkat I/II dan DPD ingat dan merealisasikan janji – janji yang telah diucapkan ketika masa kampanye. Karena besok ketika di akhirat akan diminta pertanggung jawaban oleh Allah SWT. Sebenarnya anggota DPR memiliki tugas yang sangat berat dengan tolak ukur kejujuran dan pelaksanaan amanah. Tugas utama DPR adalah mengawasi jalannya pemerintahan dan menyusun anggarn. Dan jika tidak berpegang teguh pada dua hal diatas maka sudah dipastikan akan terjadi kasus – kasus yang tidak diharapkan oleh rakyat seperti korupsi, penyelewengan dana anggaran, dan lain – lain. Dan satu hal yang harus diketahui bahwa menjadi anggota DPR bukan merupakan suatu pekerjaan melainkan mengemban amanah yang begitu besar dari rakyat Indonesia.

Orang yang diberi amanat harus menjalankan apa yang diamanatkan kepadanya dengan ikhlas. Orang yang melaksanakan amanah termasuk golongan orang yang beruntung dan di akhirat nanti akan mendapat balasan mewarisi surge firdaus dan akan kekal didalamnya. Itu sesuai dengan Al – Qur’an surat Al – mu’minun ayat 8 dan 11. Nabi Muhammad memerintahkan kaum muslimin untuk melaksanakan amanah dan melarang untuk berkhianat. Karena amanah merupakan sebuah tanggung jawab dan pasti akan dimintai pertanggung jawaban di akhirat kelak. Rasulullah SAW. Berkata : tidak ada iman bagi orang yang tidak melaksanakan amanah atau berkhianat.

Amanah bukan hanya urusan kekuasaan, Sejatinya, setiap manusia di dunia ini tidak lepas dari yang namanya amanah. Yaitu amanah untuk taat kepada Allah dan beribadah kepadanya. Atau lebih mudahnya syari’at Islam. Jika tidak menjalankan syari’at islam maka tidak melaksanakan amanah dan termasuk mengkhianati Allah. Kehidupan suatu Negara dan masyarakat akan rusak jika atasannya sudah tidak menjalankan amanah yang telah diberikan. Allah bisa mencabut amanah dari hati setiap orang muslim kapanpun, baik saat terjaga maupun saat tertidur. Dan jika amanah sudah disia – siakan dan lenyap di muka bumi ini, maka kiamat akan semakin mendekat.

Khutbah : Musyrofin

Terima kasih sudah membaca dan semoga bermanfaat.

0 komentar:

Post a Comment