E book vs Buku


E book adalah kepanjangan dari elektronik book atau bahasa sederhananya adalah buku yang bisa dibuka dan dibaca diperangkat elektronik, seperti handphone, laptop, tablet, dan lain lain. E book merupakan buku yang discan yang semula berbentuk hardcopy kemudian dijadikan bentuk softcopy. E book bisa dibilang sebagai saingan dari buku. Karena menurut orang – orang E book itu simple dan tidak membutuhkan space di perangkat elektronik, muat banyak, dan gratis lagi, sedangkan buku membutuhkan space yang banyak, harus beli dan terkesan ribet.

E book dan buku sama  - sama benda buatan manusia yang masing – masing memiliki kelebihan dan kekurangan, berikut adalah beberapa kelebihan dan kekurangan yang dimiliki oleh keduanya yang saya dapatkan atau bersumber dari acara #KEPO di kompas tv.

Kelebihan E book

Simple
E book merupakan buku yang berbentuk softcopy, sehingga dalam satu perangkat elektronik kita bisa menyimpan banyak E book. Dan membacanya pun cukup mudah yaitu tinggal memilih e book mana yang mau dibaca ketika sedang bepergian maupun saat sedang santai.

Free
Biasanya, E book selalu di edarkan secara gratis di internet. Jadi kita tinggal mendownloadnya tanpa mengeluarkan biaya sama sekali hanya butuh koneksi internet untuk mendownloadnya. Tetapi terkadang ada juga e book yang harus beli, itu di karenakan si penyedia e book itu butuh biaya untuk membuatnya seperti membeli bukunya, menscan nya, dan lain lain.

Cocok untuk anak kuliahan
Anak kuliahan biasanya identik dengan buku untuk mengembangkan teori yang telah di pelajari ataupun untuk bahan referensi tugas kuliah seperti skripsi, makalah, dan lain lain. E book cenderung sangat disukai oleh para mahasiswa, karena selain mudah dibawa kemana – mana, E book bisa di dapatkan secara gratis, sehingga semakin banyak referensi yang bisa didapatkan dari E book tanpa membeli buku yang asli. Bayangkan saja jika para mahasiswa membutuhkan referensi untuk bahan skripsinya membutuhkan minimal 15 buku, maka dia harus membelinya dengan harga yang lumayan mahal. Kalau sudah begitu, E book lah pilihan yang paling tepat.

Kelemahan E book

Merusak mata
Karena E book dibuka dan dibaca di perangkat elektronik, maka mata lah organ yang paling dirugikan. Karena mata lah yang selalu bertatapan langsung dengan layar, yang mana layar perangkat elektronik menimbulkan 4 radiasi sekaligus yaitu radiasi sinar X, radiasi sinar ultraviolet, radiasi gelombang mikro, radiasi elektromagnetik. Yang mana keseluruhan radiasi itu sama – sama memiliki dampak yang buruk dan lama kelamaan akan merusak mata atau tepatnya mata bagian retina.

Termasuk Pembajakan
Bagi para penulis, ebook sangat di musuhi karena dengan adanya e book, yang semula buku itu best seller dan banyak dibeli akan tidak banyak yang beli lagi karena telah ada bentuk softcopy nya dari buku itu. Sehingga calon pembeli lebih memilih gratis dari pada harus mengeluarkan biaya (Statement tadi merupakan mindset kebanyakan orang Indonesia). Kesimpulannya, E book bisa dibilang sebagai pembajakan terhadap hak cipta seseorang (dalam hal ini adalah buku).

Kelebihan buku

Lebih real
Real yang dimaksud disini adalah benar – benar nyata, kita benar – benar memegangnya untuk dibaca. Berbeda dengan E book yang tidak bisa disentuh, buku bisa dipegang dan membuat semangat kita untuk membaca karena membuka lembar – perlembar halaman buku tersebut  (ini termasuk keunikan dalam membaca buku). Dan dengan memiliki buku, kita juga tertanda sebagai orang yang mindset nya tidak selalu memilih gratisan dan juga menghargai jerih payah hasil karya si pembuat buku.

Sehat
Sehat dalam konteks ini adalah sehat dalam artian mata. Karena dengan membaca buku, maka mata kita tidak akan terkena 4 radiasi yang berbahaya yang telah saya sebutkan di atas. Dengan begitu, kita bisa mengurangi resiko terkena katarak akibat terlalu lama menatap layar karena membaca E book.

Kelemahan buku

Ribet
Memang buku itu terkesan ribet sehingga banyak yang tidak suka dengan buku. Apalagi ketika kita membawa buku kesekolahan dengan buku yang relatif tebal (buku paket), maka kita akan merasa lelah dan terkadang memaki – maki buku tersebut karena berat.

Mahal
Untuk memiliki buku, kita harus membelinya dan memerlukan uang untuk membelinya. Harga buku tergantung dari kualitas suatu buku, jika buku itu berbobot dan berlembar – lembar maka termasuk dalam kategori mahal, begitu pula sebaliknya. Dan masalah inilah yang selalu membayangi para mahasiswa karena buku anak kuliahan itu rata – rata berbobot sehingga harganya juga mahal (karena terkadang ditemukan teori yang baru).

Ketika kita sudah membaca uraian diatas, maka kita pun mulai bingung dalam menentukan pilihan. Apakah memilih buku ataupun e book. Pilihan itu tergantung dari individunya masing – masing, kalau saya lebih memilih buku, karena selain minim hal – hal buruk yang ditimbulkannya, juga sekaligus sebagai balas jasa atas penulis buku itu yang telah menuangkan ide nya atau pun gagasannya dalam buku itu (lebih tepat pengorbanan dan jerih payahnya pada saat menulis buku tersebut).

Demikian lah ulasan yang dapat saya bahas mengenai E book dan buku yang keduanya sama – sama memiliki keunggulan dan kekurangan. Terima kasih telah membaca dan semoga memberi manfaat yang besar bagi pembaca.

0 komentar:

Post a Comment