Minum 2 Gelas Air Putih Sebelum Berangkat Sholat Tarawih


Bulan ramadhan sudah datang dan bagi umat islam harus menjalani rutinitas beribadah seperti puasa, tadarrus dan sholat tarawih. Saat ibadah puasa tubuh kita tidak terisi oleh air selama kira – kira 12 jam sehingga saat berbuka pertama kali yang harus kita minum adalah air putih, kemudian baru makan, Setelah itu kita melaksanakan sholat tarawih dan banyak dari kita yang terlalu berlebihan saat menyantap menu berbuka sehingga efek yang ditimbulkan adalah kekenyangan dan membuat kita tertidur dan memilih untuk tidak melaksanakan sholat tarawih. Padahal dengan sholat tarawih, dapat menghapus dosa – dosa kita pada masa lampau baik yang kita sadari maupun tidak.

Sholat tarawih biasanya dikerjakan dengan waktu yang cukup lama ada yang 11 rakaat dan ada juga yang 23 rakaat, sehingga banyak diantara kita yang kelelahan apalagi kalau imamnya membaca surat yang panjang. Dan membuat tubuh kita menjadi lemas karena kekurangan oksigen. Menurut penelitian di Oxford University, bahwa kandungan dalam otak manusia 80% adalah air dan sisanya adalah zat pendukung. Kalau kita kekurangan air maka otomatis tubuh kita akan kelelahan, membuat mata sulit berkonsentrasi, dan semangat mengendur. Jika saat melaksanakan sholat tarawih tubuh kita menjadi lemas, otak kita terasa sangat sulit untuk memerintahkan kita agar sholat dengan khusyu’, serta pandangan kita menjadi sedikit kabur, maka menandai kita terkena dehidrasi.

Pengalaman saya, saat pertama kali melaksanakan sholat tarawih saya terkena dehidrasi akibat terlalu lama tidak minum air dikarenakan saat itu imam membaca surat yang panjang. Esoknya, saya siasati untuk minum 2 gelas air putih untuk menjaga sirkulasi oksigen di tubuh agar tetap stabil saat melaksanakan ibadah sholat tarawih. Dan hasilnya saya bisa kembali khusyu’ dalam melaksanakan sholat tarawih tanpa diganggu oleh kemungkinan terkena dehidrasi. Oleh karena itu, hendaknya kita khususnya umat islam yang akan melaksanakan sholat tarawih sempatkan minum 2 – 3 gelas air putih.

Agar saat menjalankan ibadah sholat tarawih pikiran kita menjadi segar, tubuh kita menjadi bugar serta siap untuk mengerjakan ibadah sholat tarawih tanpa terpengaruh oleh lamanya sholat tersebut, serta kemungkinan terkena dehidrasi. Sehingga membuat kita semakin khusyu’ saat sholat tarawih dan mendapatkan banyak pahala di bulan suci ini. Terima kasih sudah membaca dan semoga bermanfaat.

0 komentar:

Post a Comment