Menyeragamkan makna mengheningkan cipta


Mengheningkan cipta adalah salah satu dari beberapa acara yang ada disetiap upacara mingguan. Maksud dari mengheningkan cipta sendiri yakni sangat bagus yaitu untuk mengenang jasa para pahlawan yang telah gugur mendahului kita. Namun, kita sering dibingungkan pada saat mengheningkan cipta apa yang harus kita lakukan.

Cara memaknai mengheningkan cipta pun sangat beragam. Pengalaman saya, saat saya masih duduk di madrasah ibtidaiyah, pada saat mengheningkan cipta diharuskan oleh guru saya untuk membaca doa kebaikan dunia akhirat, itu sebagai perwujudan menghargai jasa para pahlawan. Namun, saat saya berada di jenjang sekolah menengah, ketika mengheningkan cipta diganti dengan mendengarkan lagu mengheningkan cipta yang dilantunkan oleh paduan suara dengan menundukkan kepala. Dan ketika saya sekarang duduk di madrasah aliyah, malah tidak melakukan apa – apa hanya diam dan dalam posisi kepala menunduk.

Memang mengheningkan cipta dimaksudkan untuk mengenang jasa para pahlawan, namun cara mengenangnya itu pun beragam. Sehingga dirasa perlu akan adanya penyamaan atau penyeragaman apa yang seharusnya dilakukan pada saat mengheningkan cipta tersebut oleh Menteri Pendidikan di setiap awal tahun ajaran baru. Agar tercipta kesamaan, keselarasan dan keberagaman dalam memaknai mengheningkan cipta.

Terima kasih sudah membaca dan semoga bermanfaat.

0 komentar:

Post a Comment