Danau Unair Pelepas Penat


Entah sudah menjadi sebuah tradisi sekaligus kebiasaan, bahwa manusia memiliki beragam kesibukan. Mulai dari yang kebiasaan yang benar – benar penting, kesibukan nggak penting, hingga pura – pura sibuk. Dan anehnya, walaupun tingkat kesibukannya berbeda – beda, namun tingkat kesetresannya pun relatif sama.

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk menghilang stress yang tiba – tiba saja menutupi otak. Mulai dari berbelanja yang menjadi hobi utama kaum hawa, tidur, main games, hingga kembali ke alam. Sebagai sebuah klarifikasi, pengertian dari back to nature atau kembali ke alam disini bukanlah kita menjadi seorang vegetarian atau justru ahli lingkungan, melainkan hanya sejenak menatap alam.

Dan mungkin ini tidak menjadi sebuah kebetulan belaka bila di UNIVERSITAS AIRLANGGA terdapat objek wisata gratis, berupa danau yang berlokasi di Kampus C UNAIR. Asumsi saya, dengan adanya objek pemandangan tersebut diharapkan para mahasiswa yang kebanyakan berkutat dengan rumus serta sains—karena memang kampus C UNAIR memiliki basis fakultas eksakta—sejenak melepas penat setelah kuliah seharian.

Saya pun sempat menyangka bahwa danau ini terbentuk secara alami akibat letusan gunung berapi atau semacamnya. Namun bila diamati secara dekat, ternyata danau ini termasuk karya dari olah tangan manusia. Satu yang bisa menjadi point pentig adalah karena maraknya pemugaran di dinding danau UNAIR ini akibat akar – akar dari pohon yang merusak pondasi danau.


Mengenai nama dari danau khas Universitas Airlangga ini pun masih menjadi salah satu pertanyaan yang tersimpan di benak saya. Menurut kabar dari teman saya, danau ini memiliki nama danau cinta. Ketidakpercayaan saya pun sirna ketika ia menunjukkan peta lokasi pemesanan Go-Jek yang jelas disana tertuliskan danau cinta. Tapi siapa peduli. Terlintas di benak saya bahwa prabu Airlangga beserta burung kesayangannya pernah transit di danau tersebut sembari meneteskan air keabadiaan dari guci Amerta. Mungkin itu adalah efek pengkaburan general informasi di otak.

Yang pasti, AIRLANGGA UNIVERSITY menghadirkan pesona sama dengan yang dimiliki oleh Notredame University, yaitu sebuah danau. Bila anda tengah penat, stress, hingga seolah – olah mentari tak terbit lagi, sementara anda berada di kampus C UNAIR main – mainlah ke danau. Mari sejenak merenung, menghela napas, mengeluarkan segala permasalahan yang ada. Mari memandangi maha karya buatan manusia. Ada juga angsa – angsa serta beragam jenis ikan—kecuali ikan hiu—yang bersemayam di dalamnya. Bila perlu, berenanglah dengan hewan – hewan tersebut untuk merasakan titisan air dari guci amerta milik prabu Airlangga, hehe.

1 komentar:

  1. nice post bagus danau tempat bersantai di unairnya foll back di http://www.natinedjs.tk/

    ReplyDelete