Peranan Sentral Remaja di Bidang Politik


Politik merupakan strategi dasar yang digunakan untuk menyelesaikan permasalahan dalam suatu Negara. Politik tidak hanya sebuah kata yang biasa digunakan dalam urusan perebutan kekuasaan dan pemerintahan saja. Politik ada di semua bidang termasuk bidang ekonomi, perundang-undangan, agama islam dan sebagainya. Ketika problema datang pada bidang tertentu, maka saatnya politik bermain di sana. Bisa dikatakan bahwa politik merupakan alat untuk menunjang sesuatu itu menjadi baik atau buruk, ibarat kita menggunakan pisau untuk memotong bawang atau digunakan untuk membunuh, maka di sana ada baik dan buruknya.


Keadaan politik di negara ini sedang mengalami keterpurukan. Jika kita ingin memperbaiki kondisi politik tersebut, maka subjek utamanya bukan hanya pemerintah dan partai politik saja yang berperan. Nah lho, siapa lagi? Tentu jawaban yang paling tepat adalah mengikutsertakan remaja sebagai generasi muda, dimana mereka harus ikut andil dalam mempertahankan politik sebagai alat andalan untuk memecahkan problema nasional di kemudian hari. Namun, permasalahannya adalah kurangnya partisipasi remaja dalam kesadaran berpolitik dan cenderung apatis karena sebagian besar beranggapan bahwa politik itu hanya untuk generasi tua yang hanya memperebutkan kursi di pemerintahan, politik uang dan lebih parahnya lagi politik itu adalah sesuatu yang kotor dan salah.

Sebenarnya, jika kita lihat, sederhananya politik itu adalah tata cara melakukan sesuatu. Namun, itulah anggapan remaja saat ini yang hanya melihat dari 1 sisi saja dan cenderung menyimpulkan suatu hal buruk yang terjadi di pemerintahan itu adalah sebuah politik.


Maka dari itu, Lembaga independen harus sejak dini mensosialisasikan akan kesadaran berpolitik yang harus dimiliki oleh setiap remaja di Indonesia. Kita harus sadar bersama-sama demi kepentingan bangsa Indonesia, karena jika kita lihat secara universal, perkembangan Negara-negara maju yang mungkin menimbulkan dampak negatif pada Indonesia, entah itu apa, di bidang mana dan kapan terjadinya kita tidak akan pernah tahu, dan di sinilah peran politik yang harus disiapkan secara matang bagi para remaja, untuk menangkis kemungkinan terburuknya.

Sebagai remaja yang aktif berorganisasi dan peduli terhadap perpolitikan dimana pun tempatnya, harus bisa merubah paradigma remaja apatis lain bahwa politik juga milik remaja, yang bisa digunakan sepositif mungkin untuk kepentingan Negara sehingga apa yang menjadi tujuan negara bisa tercapai dan salah satu tercapainya keberhasilan tersebut karena peran remaja juga. Pun, sudah seharusnya para politikus senior mengajak dan menstimulus para remaja agar bisa menyampaikan kembali makna politik yang sebenarnya kepada masyarakat. Jika memang benar para politikus telah mengajak generasi muda minimalnya untuk tahu mengenai perpolitikan, maka seharusnya politik di Indonesia saat ini tidak mengalami kemunduran yang berdampak signifikan  ke segala bidang.


Selain itu, dengan krisisnya kepemimpinan di Negara ini, maka sudah kewajiban remajalah yang mempersiapkan diri dari mulai sekarang untuk mendapatkan suatu latihan dasar kepemimpinan agar semua remaja khususnya di Indonesia bisa dibekali prinsip-prinsip kepemimpinan khususny dalam berpolitik sehingga remaja tahu politiknya akan ditempatkan di mana dan bisa digunakan untuk kepentingan Negara sehingga dapat memenuhi hajat hidup rakyat Indonesia.

0 komentar:

Post a Comment