Musuh Pesepak Bola


Pada piala dunia 1998 david beckham di ganjar kartu merah karena melanggar diego simeone. Esok harinya, surat kabar daily mirror memasang headline:10 heroic lions one stupid boy. pada piala dunia 2006 wayne rooney di ganjar kartu merah karena di anggap menginjak carvalho. rooney juga disalahkan, tapi cristiano ronaldo lah yang menjadi kambing hitam. dia dianggap memprovokasi wasit lebih lebih dia mengedipkan mata kiri pada rekan rekannya. Pada piala dunia 1986 siapa lagi jika bukan diego maradona yang jadi kambing hitam. gol tangan tuhan membuat maradona tak akan pernah di maafkan oleh publik inggris. bagi inggris tak ada pencuri yang lebih durjana selain maradona. mereka lebih suka mengambing hitamkan maradona dari pada terry butcher yang tidak menjegal maradona saat si boncel ajaib itu membawa bola pada menit ke 56 untuk kemudian mencetak gol terbaik pada abad ke 20.

Sang kambing hitam mesti menanggung sakit yang panjang seperti riwayat moacir barbosa, kiper brazil pada piala dunia tahun1950, yang bisa ditahbiskan sebagai kambing hitam paling menyedihkan dalam sejarah sepak bola. brazil saat itu bukan hanya tuan rumah tapi juga kandidat paling kuat juara. brazil dengan telengas membabat spanyol dan swedia dengan skor sangat meyakinkan yaitu 7-1 dan 6-1  jangan heran jika pagi jelang final panggung perayaan sudah disiapkan, sorenya stadion maracana sudah penuh dengan 200 ribu para supporter brazil yang sedikit pun tak cemas atas ancaman Uruguay, skor 1-1 diawal babak kedua sama sekali tak mengoyahkan keyakinan orang brazil.brazil juara itu pasti.

Tapi, alchides ghigia datang pada menit 81 untuk menggagalkan semua kejemawaan yang datang terlalu dini itu. skor 3-2 untuk piala jules rimet kedua yang didapat oleh Uruguay. jules rimet pada saat itu bersaksi bahwa marcana begitu sepi ketika wasit George reader meniup peluit tanda berakhirnya pertandingan. kesunyian pula yang akhirnya menerkam hidup barbosa, entah bagaimana ceritanya, barbosa tiba tiba menjadi kambing hitam. tak peduli brazil bermain dengan sebelas orang, public brazil tahu bahwa barbosalah yang menjadi biang keladi. ketika hendak mengunjungi para pemain yang memperkuat kesebelasan brazil pada piala dunia 1994, barbosa ditolak oleh pelatih Mario zagallo. barbosa dengan jelas, dianggap pembawa sial kutuk yang harus di jauhi.

Orang orang melupakan kekalahan brazil pada piala dunia 1974, 1978 dan 1998, tapi mereka masih terus berbicara tentang kekalahan 1950. beberapa sebelum meninggal, barbosa masih tak bisa mendapatkan jawaban kenapa rakyat brazil terus menerus menyalahkannya. orang brazil percaya bahwa untuk membuang sial di butuhkan kambing hitam berbulu hitam untuk dikorbankan lagi pula, brazil pada waktu itu masih didominasi oleh orang kulit putih. tak ada yang patut menjadi kambing hitam selain barbosa, kiper berkulit hitam pertama dalam sejarah brazil.lima kali brazil menjadi juara dunia lima kali pula kiper kulit putih menjadi pilihan utama, gilmar pada 1958 dan 1962, felix mieli pada 1970, Claudio taffarel pada 1994 dan marcos pada 2002.

David beckham, kambing hitam di piala dunia 1998, pada saat membawa manchaster united merengkuh treble winner pada 1999 dia masih di cemooh oleh publik inggris, apa lagi saat gagal membawa inggris juara di euro 2000, tapi beckham dimaafkan ketika berhasil menjebol gawang  yunani dengan tendangan bebasnya pada menit terakhir kualifikasi piala dunia 2002. apalagi dia berhasil menjebol gawang argentina, musuh abadi inggris pada babak penyisihan grup. dia hampir menjadi kambing hitam ketika nyaris saja gagal mengeksekusi tendangan pinalti ke gawang Portugal di perempat final piala dunia 2006. tapi keputusan untuk melepaskan ban kapten dari lengannya sebagai bentuk tanggung jawab membuat selamat, dengan itu dia menjadi teladan tentang bagaimana seorang gentlemen ala inggris. dia juga tetap menjadi langganan starter inggris sehingga rekor penampilannya hanya kalah oleh peter shilton.

Barbosa tentu saja tidak masuk ke deretan itu, seruan kiper dida yang meminta rakyat brazil memaafkan barbosa, tidak diindahkan. Lagi pula dida terbukti tidak becus menjaga gawang brazil dari terjangan Thierry henry di perempat final piala dunia. dida seakan dihukum dengan tak disertakan dalam piala dunia 2010. posisi kiper dikuasai oleh Julio cesar. mungkin cesar tak akan menjadi kambing hitam, tapi kiper  kiper  yang lain menjadi kambing hitam di piala dunia 2010, Robert green(inggris), faouzi chaouchi (aljazair), dan Robert villar (chile) telah melakukan kesalahan yang berbeda derajatnya, tapi semuanya dalam kasus yang sama yaitu tidak bisa mengantisipasi laju jabulani bola untuk piala dunia 2010. terakhir, maicon dari brazil mengaku bahwa golnya ke gawang korea utara di bantu jabulani yang lajunya  berhasil mengecoh kiper korea utara Ri Myonng guk.

0 komentar:

Post a Comment