Sertifikasi untuk para wasit


Wasit merupakan instansi yang wajib ada disebuah pertandingan sepak bola. Jika tidak ada wasit, maka pertandingan sepak bola itu tidak akan bisa berjalan, baik itu wasit utama, asisten wasit 1 atau 2 dan wasit cadangan sama pentingnya. Namun akhir – akhir ini, kinerja wasit khususnya di Indonesia banyak dikritisi karena keputusan yang bisa dibilang kontroversial. Sehingga dalam suatu pertandingan sepak bola, selain ada pihak yang menang dan yang kalah, juga ada pihak yang diuntungkan dan pihak yang dirugikan.

Akibatnya, official dari tim yang merasa dirugikan akan mencoba memprovokasi wasit dengan cara naik banding lewat rekaman pertandingan. Sehingga jalannya pertandingan akan di warnai dengan keputusan – keputusan yang kurang masuk akal akibat dari wasit yang mulai linglung dengan keputusannya sendiri atau dalam kata lain kurang tegas. Dan klimaksnya, setiap ada tim kesebelasan yang kalah, pasti wasit yang di kambing hitamkan karena keputusan kontroversial yang dibuatnya.

Memang wasit juga manusia yang memiliki kesalahan, namun kesalahan itu bisa diupayakan untuk lebih diminimalisir. Selain dengan mengkursus atau memberi pendidikan perwasitan kepada para wasit maupun calon wasit, juga bisa dengan melakukan sertifikasi para wasit untuk meningkatkan mutu dan kualitas para wasit di Indonesia khususnya.

Terima kasih sudah membaca dan semoga bermanfaat.

0 komentar:

Post a Comment