Kencing berdiri penyebab kencing batu


Kencing adalah proses dimana kita mengeluarkan sisa - sisa penyerapan urine yang sudah tidak berguna dan biasanya dilakukan oleh seluruh makhluk hidup. Namun, sering kita jumpai khususnya bagi kaum adam  banyak sekali yang kencing sambil berdiri. Kebiasaan itu didukung oleh menjamurnya toilet yang menggunakan sistem kencing berdiri (Salah satunya di masjid). Memang kencing sambil berdiri itu mudah dan terkesan cepat, namun setelah kita mengetahui bahaya yang ditimbulkan olehnya, maka kita perlu berfikir ulang untuk kencing sambil berdiri.

Di tinjau dari sudut pandang agama, Rasulullah telah melarang kaumnya untuk kencing sambil berdiri, alasannya selain tidak ber etika, kemungkinan air seni yang telah keluar dari saluran ureter jatuh ketempat yang lebih jauh dan memercik mengenai celana tanpa sepengetahuan kita, sehingga celana kita menjadi najis. Selain itu, kebanyakan orang yang melakukan kencing sambil berdiri saat rukuk dan sujud pada saat sholat, biasanya terasa ada yang keluar dari ujung kemaluan, itulah air seni yang tersisa akibat kencing sambil berdiri.

Dan jika ditinjau dari segi medis, kencing sambil berdiri bisa menyebabkan penyakit kencing batu. Itu disebabkan karena masih ada sisa - sisa urine yang belum dikeluarkan dan lama kelamaan itu bisa berpotensi menyebabkan penyakit kencing batu. Selain itu, endapan - demi endapan akibat dari urine yang kurang sempurna keluar akan membentuk batu karang di kantong zakar kita. Dan yang paling berbahaya adalah dapat menurunkan kesuburan bagi pria dewasa.

Setelah kita tahu tentang akibat - akibat yang dtimbulkan oleh kencing sambil berdiri, maka alternatif yang paling baik adalah kencing sambil jongkok. Di tinjau dari sudut pandang kesehatan, kencing sambil jongkok memiliki banyak manfaat kesehatan yang ditimbulkannya. Ketika kita kencing sambil jongkok, maka kandung kemih kita akan tertekan dan membuat air seni kita keluar secara maksimal. Selain itu, saat kita kencing dengan jongkok terkadang dibarengi dengan kentut dan itu menandakan bahwa metabolisme tubuh kita tetap terjaga.

Tentunya masih banyak manfaat yang ditimbulkan akibat kencing sambil jongkok. Mulai sekarang, ubah mindset kita bahwa kencing sambil jongkok lebih baik dalam segi apapun dari pada kencing sambil berdiri. Terima kasih telah membaca dan semoga memliki manfaat yang besar bagi pembaca.

0 komentar:

Post a Comment