Profesor Asal Rumania Ciptakan Darah Buatan


Sebuah laporan terbaru membawa berita tentang seorang profesor Rumania yang telah berhasil menciptakan darah buatan.Adalah Profesor Radu Silaghi-Dumitrescu beserta timnya yang mampu mengembangkan darah buatan yang mengandung oksigen. TIdak seperti darah buatan sebelumnya yang belum mampu membawa kandungan oksigen di dalamnya, seperti yang dilansir Ubergizmo (31/10).

Darah buatan ini telah diuji pada seekor tikus dan terbukti berhasil. Akan tetapi pengembangan ini bukanlah perkara mudah. Profesor Radu Silaghi-Dumitrescu menjelaskan bahwa proses untuk menjadi darah buatan butuh proses yang begitu panjang.

"Semua upaya sebelumnya untuk menciptakan darah buatan sudah gagal. Hal ini disebabkan peneliti belum bisa menemukan protein yang tepat untuk menjaga zat kebal terhadap faktor stres," ujar Silaghi-Dumitrescu.Hanya saja untuk pengujian ada manusia Silaghi-Dumitrescu masih belum berani. Terlebih dulu dia harus mengujinya pada tikus sampai benar-benar tidak ada efek samping. Jika semua berjalan baik, darah sintetis di masa depan adalah program yang dapat membantu banyak pihak khususnya di dunia kesehatan.

"Uji coba pada manusia adalah sebuah proses yang rumit, sebab kita perlu beberapa lisensi yang sangat serius. Terlebih lagi, uji coba pada manusia membawa resiko yag sangat besar," tambah Silaghi-Dumitrescu.

0 komentar:

Post a Comment