Pengertian Sosiologi Menurut Para Ahli

Berfokus pada studi tentang masyarakat, sosiologi adalah salah satu ilmu sosial yang mencoba untuk mempelajari interaksi manusia baik secara individu dan populasi. Sebagai ilmu sosial, sosiologi mempelajari stratifikasi masyarakat, kelas sosial dan agama dan konsekuensi dari unsur-unsur ini terhadap masyarakat secara keseluruhan. Tidak seperti ilmu sosial, yang meneliti peristiwa dan kejadian, sosiologi mencoba untuk menyelidiki mengapa fungsi masyarakat seperti halnya, serta bagaimana pandangan tertentu mengasingkan orang dalam kelompok sosial yang berbeda dan keyakinan yang berbeda.

Auguste Compte umumnya disepakati sebagai filsuf ilmu pengetahuan yang pertama, Karl Marx biasanya dikenal sebagai bapak sosiologi modern oleh banyak sarjana dan mahasiswa. Marx dikenal sebagai pencipta sebuah sistem kepercayaan yang dikenal sebagai Marxisme yang berfokus pada studi dan pemahaman sosiologi. Kemudian para sarjana, seperti Herbert Spencer dan Emile Durkheim abad ke-19, menjual jutaan buku seperti Spencer yang menciptakan frase “survival of the fittest” ketika mencoba untuk menjelaskan kemajuan masyarakat seiring usia.

Positivisme adalah salah satu aspek sosiologi yang berusaha menjadi akar studi tentang subjek dengan basis ilmiah dalam upaya untuk memberikan kepercayaan. Ilmu adalah satu-satunya bidang yang kredibel di tahun-tahun awal studi sosiologis, dan menghubungkan studi untuk metodologi berbasis ilmu pengetahuan memberi sosiologi kredibilitas yang dibutuhkan untuk menjadi salah satu matakuliah di perguruan tinggi yang relevan. Sub-bidang dalam ilmu-ilmu sosial terdiri dari matakuliah seperti kriminalitas, hukum dan hukuman serta studi sosial ekonomi dan keluarga, seksualitas dan gender.

Mengetahui hal-hal apa yang membuat masyarakat dapat bekerja dan sumber kehidupan membutuhkan wawasan yang mendalam baik masa lalu serta keyakinan saat ini dan populer. Banyak fungsi dari masyarakat yang mungkin tampak normal dan sama sekali tidak keluar dari kebiasaan dapat dilihat sebagai benar-benar pantas dalam pengaturan sosial lainnya. Lem dasar yang memegang setiap masyarakat bersama-sama, seperti sistem hukum, persyaratan pendidikan dan bahkan hubungan perkawinan, dibuat dan didefinisikan oleh aturan yang diberlakukan oleh anggota yang berkuasa dari setiap masyarakat. Masyarakat dapat membentuk pola pikir yang berbeda setelah perang atau pemberontakan sosial saat pemimpin baru mulai memaksakan cita-cita mereka pada masyarakat pada warganya.

Pengertian sosiologi lainnya menurut para ahli dalam dan luar negeri
1. Auguste Comte

Sosiologi adalah suatu studi positif tentang hukum-hukum dasar dari berbagai gejala sosial yang dibedakan menjadi sosiologi statis dan sosiologi dinamis.

2. William Kornblum

Sosiologi adalah suatu upaya ilmiah untuk mempelajari masyarakat dan perilaku sosial anggotanya dan menjadikan masyarakat yang bersangkutan dalam berbagai kelompok dan kondisi.

3. Roucek dan Warren

Sosiologi adalah ilmu yang mempelajari hubungan antar manusia dalam kelompok.

4. Allan Johnson

Sosiologi adalah ilmu yang mempelajari kehidupan dan perilaku terutama dalam kaitannya dengan suatu sistem sosial dan bagaimana sistem tersebut mempengaruhi orang dan bagaimana pula orang yang terlibat di dalamnya mempengaruhi sistem tersebut.

5. Pitirim A. Sorokin

Sosiologi adalah ilmu yang mempelajari:

Hubungan dan pengaruh timbal balik antara aneka macam gejala sosial, misalnya antara gejala ekonomi dengan agama, keluarga dengan moral, hukum dengan ekonomi, dsb.
Hubungan dan pengaruh timbal balik antara gejala sosial dengan gejala non sosial (misalnya dengan gejala geografis, biologis, dsb).
Ciri-ciri umum semua jenis gejala-gejala sosial.
6. Herbert Spencer

Sosiologi adalah ilmu yang menyelidiki tentang susunan-susunan dan proses kehidupan sosial sebagai suatu keseluruhan atau suatu sistem.

7. Emile Durkheim

Sosiologi adalah ilmu yang mempelajari fakta sosial. Fakta sosial adalah cara bertindak, berpikir, dan mampu melakukan pemaksaan dari luar terhadap individu.

8. J. Gillin

Sosiologi adalah ilmu yang mempelajari interaksi yang timbul di dalam masyarakat.

9. Wiliam F. Ogburn dan Mayer F. Nimkoff

Sosiologi adalah penelitian secara ilmiah terhadap interaksi sosial dan hasilnya yaitu organisasi sosial.

10. P. J. Baouman

Sosiologi adalah ilmu pengetahuan tentang manusia dan hubungan-hubungan antar golongan manusia.

11. Paul B. Horton

Sosiologi adalah ilmu yang memusatkan kajian pada kehidupan kelompok dan produk kehidupan kelompok tersebut.

12. Mr. J. Bierens De Haan

Sosiologi adalah ilmu pengetahuan tentang masyarakat manusia, baik mengenai hakekat, susunannya, hubungannya, kodrat-kodrat yang menggerakannya, mengenai kesehatan, dan perkembangan masyarakat.

13. Soerjono Soekanto

Sosiologi adalah ilmu yang memusatkan perhatian pada segi-segi kemasyarakatan yang bersifat umum dan berusaha untuk mendapatkan pola-pola umum kehidupan masyarakat.

14. George Simmel

Sosiologi adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari hubungan sesama manusia.

15. Max Weber

Sosiologi adalah ilmu yang berupaya memahami tindakan-tindakan sosial. Tindakan sosial adalah tindakan yang dilakukan dengan mempertimbangkan dan berorientasi pada perilaku orang lain.

16. Drs. Ary H. Gunawan

Sosiologi adalah ilmu pengetahuan yang berusaha memecahkan masalah dengan analisis atau pendekatan sosiologis.

17. Selo Soemardjan dan Soelaeman Soemardi

Sosiologi adalah ilmu kemasyarakatan yang mempelajari struktur sosial dan proses-proses sosial termasuk perubahan sosial.

18. Charles Ellwood

Sosiologi adalah pengetahuan yang menguraikan hubungan manusia dan golongannya, asal kemajuannya, bentuk, dan kewajibannya.

19. J. A. A. Von Dorn dan C. J. Lammers

Sosiologi adalah ilmu pengetahuan tentang struktur-struktur dan proses-proses kemasyarakatan yang bersifat stabil.

20. Gustav Ratzenhofer

Sosiologi adalah pengetahuan tentang hubungan manusia dengan kewajibannya untuk menyelidiki dasar dan terjadinya evolusi sosial serta kemakmuran umum bagi anggota-anggotanya.

21. Mayor Polak

Sosiologi adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari masyarakat secara keseluruhan, yaitu hubungan antara manusia satu dengan manusia lain, manusia dengan kelompok, kelompok dengan kelompok, baik kelompok formal maupun kelompok informal atau baik kelompok statis maupun kelompok dinamis.

22. Koentjaraningrat

Sosiologi adalah suatu proses yaitu proses belajar kebudayaan dalam hubungan dengan sistem sosial.

23. Hassan Shandily

Sosiologi adalah ilmu yang mempelajari hidup bersama dalam masyarakat dan menyelidiki ikatan-ikatan antara manusia yang menguasai kehidupan dengan mencoba mengerti sifat dan maksud hidup bersama cara terbentuk dan tumbuh, serta berubahnya perserikatan-perserikatan hidup serta kepercayaan.

24. Anthony Giddens

Sosiologi adalah studi tentang kehidupan sosial manusia, kelompok-kelompok manusia, dan masyarakat.

0 komentar:

Post a Comment