Kerugian Bahan Bakar Fosil

Bahan bakar fosil termasuk batubara, minyak bumi dan gas alam. Mereka memainkan peran penting sebagai sumber energi. Sumber minyak yang terbatas dan memiliki permintaan yang besar. Hal ini disebabkan peningkatan populasi dan peningkatan permintaan mobil. Ada cadangan batubara lebih banyak daripada cadangan minyak bumi. Batubara diproduksi oleh India, Amerika, Jepang, Polandia, Iran, Irak, Arab Saudi dan Libya dll Bihar, Bengal, Orissa, dan Andhra Pradesh di India adalah cadangan utama batubara. Cadangan tinggi minyak baru telah terdeteksi di Bombay baru-baru ini. Konsumsi per kapita energi berbeda di negara yang berbeda. Tertinggi konsumsi per kapita energi adalah di Amerika. Tapi itu mencakup sekitar 6 persen dari populasi dunia. Konsumsi terendah per kapita energi di India dan meliputi sekitar 15 persen dari populasi dunia.

Data ini diambil pada awal tahun 1970. Batubara menghasilkan energi dan produksi sangat penting. Batu bara dapat diubah menjadi minyak dan gas metana. Gas ini lebih cocok karena menghasilkan polusi yang lebih sedikit. Deposit batubara juga memiliki belerang. Ketika dibakar membentuk sejumlah besar sulfur yang menyebabkan efek buruk pada lingkungan. Hal ini menyebabkan polusi udara. Dalam teknologi modern mereka adalah sumber energi yang penting. Penggunaannya adalah serbaguna dalam bidang pertanian, mobil, industri dan mesin dll produk minyak bumi juga terbentuk oleh mereka.Kerugian Bahan Bakar Fosil

Apakah Kerugian dari Bahan Bakar Fosil


Bahaya Lingkungan: Pencemaran lingkungan merupakan salah satu kelemahan utama dari bahan bakar fosil. Ini adalah fakta diketahui bahwa karbon dioksida yaitu gas yang dilepaskan ketika bahan bakar fosil dibakar, merupakan salah satu gas utama yang bertanggung jawab untuk pemanasan global. Kenaikan suhu bumi telah mengakibatkan mencairnya es di kutub, banjir di daerah dataran rendah dan kenaikan permukaan air laut. Jika kondisi seperti ini terus berlanjut, tanaman Bumi kita mungkin menghadapi beberapa konsekuensi serius dalam waktu dekat.

Kenaikan Harga: negara Tengah-timur memiliki cadangan besar minyak dan gas alam dan banyak negara lain yang tergantung pada mereka untuk pasokan konstan bahan bakar ini. Organisasi Negara Pengekspor Minyak (OPEC) adalah sekelompok 13 negara termasuk Iran, Irak, Kuwait, Qatar, Arab Saudi dan UEA. Mereka bertanggung jawab untuk 40 persen dari produksi minyak dunia dan memegang mayoritas cadangan minyak dunia, menurut Administrasi Informasi Energi (EIA). OPEC terus memantau volume minyak yang dikonsumsi dan kemudian menyesuaikan produksi sendiri untuk mempertahankan harga per barel yang diinginkan. Hal ini menyebabkan fluktuasi harga di seluruh dunia, menurut Departemen Energi AS.

Hujan Asam: Sulfur dioksida adalah salah satu polutan yang dilepaskan ketika bahan bakar fosil dibakar dan merupakan penyebab utama hujan asam. Hujan asam dapat menyebabkan kerusakan monumen yang terdiri dari bata atau batu. Bahkan tanaman dapat terpengaruh karena pengasaman tanah liat. Hasil pertambangan batubara telah merusak ekosistem dan juga membahayakan nyawa penambang.

Efek pada Kesehatan Manusia: Polusi dari kendaraan dan pembangkit listrik bertenaga batubara dapat menyebabkan bahaya lingkungan yang serius. Penyakit yang terkait polusi berkisar dari ringan sampai parah dan secara signifikan dapat mempengaruhi kualitas hidup seseorang. Polusi udara dapat menyebabkan asma, gangguan paru obstruktif kronis atau COPD dan kanker paru-paru. Paparan jangka panjang dapat meningkatkan infeksi pernafasan pada populasi umum.

Non-Terbarukan: Pada hari ini, bahan bakar fosil sedang diekstrak pada tingkat selangit untuk memenuhi kesenjangan antara permintaan dan penawaran dan diperkirakan bahwa mereka akan selesai dalam 30-40 tahun ke depan. Karena mereka tak terbarukan, itu lebih mungkin bahwa biaya bahan bakar akan menghadapi kenaikan tajam dalam waktu dekat. Ini akan mengambil jutaan tahun untuk menggantikan batubara, dan minyak, dan ini berarti bahwa kita tidak akan mampu lagi berkendara mobil kecuali kita beralih ke mobil listrik yang menggunakan energi dari sumber energi terbarukan. Ini berarti sekali sumber-sumber non-terbarukan benar-benar habis, tidak ada yang bisa diupayakan lagi.

Dampak bagi perairan oleh Tumpahan Minyak: Bahan bakar fosil akan dibutuhkan dalam jumlah besar di mana pun. Ini mengharuskan mereka untuk diangkut ke lokasi yang diinginkan melalui truk, kereta api, kapal atau pesawat. Sering kita mendengar dari beberapa kebocoran di kapal tanker minyak atau kapal tenggelam jauh di bawah laut yang membawa minyak mentah tercecer kemana-mana. Dampak dari ini adalah minyak mentah mengandung beberapa zat beracun yang bila bercampur dengan air menimbulkan dampak serius pada kehidupan air. Transportasi minyak mentah melalui laut dapat menyebabkan tumpahan minyak yang dapat menimbulkan bahaya terhadap kehidupan air dengan mengurangi kandungan oksigen air.

Pertambangan Batubara: Ekstraksi batubara dari daerah yang memiliki cadangan besar tidak hanya tugas yang sulit dan berbahaya, tetapi juga menimbulkan bahaya kesehatan yang serius bagi kehidupan beberapa pekerja yang bekerja di sana. Pertambangan batubara menghancurkan wilayah tanah yang luas dan mengakibatkan ketidakseimbangan ekologi.

Perlu Jumlah Besar Cadangan: pembangkit listrik batubara membutuhkan pasokan besar dan teratur batubara untuk menghasilkan sejumlah besar energi secara konstan. Ini berarti bahwa membutuhkan kereta-banyak bahan bakar di dekat pembangkit listrik untuk melaksanakan proses menghasilkan tenaga. Hal ini diperlukan karena banyak negara yang masih bergantung pada batubara sebagai sumber utama untuk menghasilkan tenaga.

Teknologi untuk mendapatkan lebih banyak dari bumi mengalami kemajuan, tetapi mereka tampaknya tidak akan melakukannya secepat permintaan. Selain itu, sementara batubara jauh lebih banyak daripada minyak, ekstraksi batubara bisa sangat tidak aman, dan merusak lingkungan dalam skala besar, menyebabkan erosi, pengasaman lingkungan, dan perusakan tanah liar. Meskipun bahan bakar fosil memenuhi energi dan bahan bakar kebutuhan kita, masih banyak waktu yang tinggi untuk melihat ke depan untuk sumber terbarukan sebagai sumber energi alternatif seperti turbin angin, panel surya, generator pasang surut dan kompos.

1 komentar:

  1. Nih gue ada solusi mengenai masalah bahan bakar berkualitas dan ramah lingkungan, nih gue kasih solusinya, yaitu pakai Pertamina Solusi Bahan Bakar Berkualitas dan Ramah Lingkungan

    ReplyDelete