Teleskop Hubble temukan sebuah galaksi yang tengah kesepian


Teleskop luar angkasa Hubble yang dipakai mengamati sudut-sudut terjauh luar angkasa baru-baru ini menemukan sebuah galaksi yang unik. Galaksi itu berada di 'ujung' luar angkasa dan sedang kesepian.

Galaksi itu diberi nama dengan NGC 6503. Letaknya sekitar 18 juta tahun cahaya dari Bumi, tepatnya di ujung bagian ruang angkasa yang disebut Local Void. Bagian luar angkasa itu diketahui sebagai ruang kosong yang tidak berpenghuni, tanpa planet atau bintang.

Tak pelak, hal itu membuat galaksi NGC 6503 nyaris melayang sendirian di kawasan Local Void yang sangat luas. Pihak pengelola teleskop Hubble sendiri menyebut galaksi NGC 6503 sebagai galaksi yang kesepian, Mashable (13/06).

Di sisi lain, pihak Hubble mengaku bisa mendapat banyak informasi dari galaksi kesepian itu. Tanpa adanya galaksi tetangga, tentu pola gerakan planet dan bintang yang ada di galaksi NGC 6503 akan jauh berbeda dari galaksi kita, Bima Sakti.

Galaksi NGC 6503 sendiri memiliki ukuran yang cukup kecil, hanya 1/3 dari galaksi Bima Sakti. Perkiraan lebar keseluruhannya diperkirakan sekitar 30.000 tahun cahaya.

Menariknya, struktur galaksi ini juga menjadi perhatian astronom. Sebab, di tengah galaksi NGC 6503 ada sebuah lubang hitam atau blackhole raksasa yang sangat aktif. Namun, hanya mendapat sedikit 'makanan' berupa bintang-bintang dan planet karena ukuran galaksi yang kecil.

Fenomena itu membuat galaksi NGC 6503 tampak lebih gelap dari galaksi-galaksi lain yang pernah ditemukan oleh manusia. Kegelapan galaksi NGC 6503 nampaknya semakin melengkapi 'kesepian' dari galaksi itu.

0 komentar:

Post a Comment