New York Times dan The Guardian minta Snowden diampuni


Surat kabar berpengaruh di Amerika Serikat The New York TImes dan harian asal Inggris The Guardian kemarin meminta pemerintah Amerika memberikan pengampunan kepada pembocor rahasia Badan Keamanan Amerika (NSA) Edward Snowden.

Dalam editorialnya kedua koran besar itu membela Snowden yang kini berada di Rusia setelah mendapat suaka sementara.

"Dia mungkin sudah berbuat kejahatan karena membocorkan rahasia tapi dia sudah berjasa besar bagi negaranya," kata editorial Times, seperti dilansir situs asiaone.com, Jumat (3/1). "Ini saatnya bagi Amerika untuk menawarkan pengampunan kepada Snowden."

Sedangkan The Guardian mendesak Washington untuk mengizinkan Snowden pulang ke Amerika dengan kebanggaan. Koran Inggris itu juga menyebut perbuatan Snowden sebagai bentuk keberanian moral.

Times menyerukan pemerintah Amerika menawarkan Snowden sebuah kesepakatan yang bisa membuat dia mau pulang ke negerinya dan setidaknya mendapat hukuman ringan.

Dewan Keamanan Amerika di dalam pemerintahan Presiden Barack Hussein Obama menolak berkomentar atas desakan Times dan Guardian itu.

Pertengahan bulan lalu Gedung Putih menyatakan Snowden tetap seorang buron yang akan menghadapi pengadilan jika tertangkap.

"Posisi kami belum berubah dalam masalah itu. Snowden dituntut atas kasus pembocoran informasi rahasia dan dia harus diadili di Amerika Serikat," ujar juru bicara Gedung Putih Jay Carney.

Terima kasih sudah membaca dan semoga bermanfaat.

0 komentar:

Post a Comment