PBB akan bentuk organisasi penangkal kiamat


PBB sedang mematangkan niat untuk membentuk sebuah badan bernama International Asteroid Group. Tugasnya adalah untuk menganalisis segala ancaman asteroid yang mungkin saja bisa menyerang dan menghancurkan bumi.

Seperti yang dilansir oleh The Verge (29/10), badan ini disebar di berbagai penjuru dunia dengan tujuan agar area pengamatannya lebih luas. Dengan begitu, ketika diketahui suatu ancaman dari luar angkasa akan terjadi, masing-masing perwakilan bisa saling memberitahu dan memberikan peringatan dini.

Salah satunya, informasi ini akan diteruskan ke Committee on the Peaceful Uses of Outer Space. Komite inilah yang nantinya bertugas untuk mengambil tindakan apa agar ancaman asteroid tersebut tidak bisa merugikan kehidupan di bumi.Sebenarnya, organisasi ini akan dinamakan Association of Space Explorers. Namun, rencana yang diusulkan pada 2008 itu tiba-tiba saja menguap.

Rencana tersebut akhirnya kembali muncul setelah adanya tragedi tabrakan meteor di Chelyabinsk, Rusia, yang melukai ratusan orang dan memporak-porandakan seisi kota. Maka, untuk mencegah hal yang sama berulang, sebuah langkah pun akhirnya diambil.Bumi sendiri memang tidak akan pernah aman dari ancaman serangan benda angkasa. "Ada sekitar satu miliar asteroid yang cukup besar untuk menghancurkan New York City atau yang lebih besar lagi," kata mantan astronot Amerika Serikat, Ed Lu.

0 komentar:

Post a Comment