Suka Duka Menjadi Tuan Rumah


Piala Dunia 2014 telah resmi ditutup pada 13 juli di stadion Maracana dengan pesta yang sangat meriah. Brazil sebagai negara penyelenggara bisa dibilang sukses menyelenggarakan event 4 tahunan ini. Walaupun Brazil tidak menjadi juara dunia, tetapi pesta kemeriahan piala dunia tidak bisa hilang begitu saja di daratan Brazil. Sebagai tuan rumah, Brazil memiliki kestimewaan yang lebih dibandingkan dengan negara kontestan lain. Kalau negara lain untuk berlaga di Brazil harus bersaing dengan negara lain untuk memperebutkan 31 tiket, tidak dengan Brazil. Negara Brazil diberi keistimewaan oleh FIFA langsung lolos tanpa ikut kualifikasi karena bertindak sebagai tuan rumah. Karena Piala Dunia sudah usai saya bisa menyimpulkan keuntungan dan kerugian yang diterima oleh Brazil selaku tuan rumah.

Keuntungan yang paling mencolok adalah Brazil tidak perlu susah payah untuk mengikuti kualifikasi seperti tim - tim lainnya. Hal ini membuat pelatih Brazil Luis Felipe Scolari mendapatkan jatah untuk menyusun organisasi permainan lebih banyak dari pada tim - tim lain peserta piala dunia. Tidak ada yang instan dalam sepak bola, walaupun sudah dipersiapkan taktik dan strategi lebih dini, Brazil pun masih gagal menaruh bintang ke 6 di jersey kaosnya (bintang merupakan lambang dari piala yang diraih). Hal ini disebabkan oleh kurangnya kematangan tim, neymar cs jarang sekali mendapatkan kesempatan bertanding dalam laga uji coba untuk mematangkan strategi tim. Berbeda dengan tim - tim lain sesama negara peserta yang membiasakan taktik di dalam laga kualifikasi sehingga sudah siap tempur ketika berada di Brazil. Bukti nyata bagi Brazil adalah kurang meyakinkannya kerja sama tim ketika memasuki babak 16 besar.

Brazil harus susah payah untuk bisa melaju ke perempat final dengan menundukkan Chile lewat adu pinalti yang kala itu skor sama kuat 1-1. Pencetak gol pun tidak dari penyerang melainkan dari posisi back yaitu David Luiz. Masuk ke babak perempat final melawan Colombia, organisasi permainan Brazil kembali tidak meyakinkan. Walaupun menang tipis 2-1, pencetak gol pun masih dari pemain belakang yaitu Thiago Silva dan free kick indah David Luis. Klimaksnya ketika di semi final berhadapan dengan Jerman, Brazil dipermalukan oleh jerman dengan 7 gol bersarang ke jala Julio Cesar di depan lebih dari 10.000 pendukung tim samba di stadion Belo Horizonte. Nasib tragis Brazil itu pun tidak lepas dari absennya 2 pemain kunci Brazil yaitu Neymar akibat cedera serta Thiago Silva akibat akumulasi kartu. Kekelahan 7-1 dari Jerman merupakan sebuah aib dari negara penyandang 5 trofi piala dunia.

Setelah menelan kekalahan yang begitu menyakitkan, bendera brazil pun berubah
Setelah kekalahan tersebut, publik Brazil sangat malu dan tidak ada aktivitas sama sekali serta penjualan surat kabar menurun drastis dan mengalami kerugian. Bangsa Brazil pun benar - benar malu akan kekalahan menyakitkan ini. Sampai masyarakat Brazil berbondong - bondong mengupload pertandingan tersebut ke salah satu situs po*no yaitu Po*n H*b. Mereka memasukkan video mereka ke kategori penghinaan umum, sehingga website tersebut sempat down akibat banyaknya video yang di upload serentak oleh publik Brazil. Selain masalah tersebut, publik Brazil sebenarnya tidak menginginkan akan adanya piala dunia, karena mengingat kondisi perekonomian Brazil yang sedang turun.

salah satu meme komik yang ada di dunia maya
Brazil pun sudah mengeluarkan milyaran dollar uang anggaran negara untuk membangun dan merenovasi 12 stadion yang akan dijadikan venue piala dunia. Dan ini membuat masyarakat Brazil terutama dari kalangan bawah sangat tidak setuju. Banyak demo dan protes dari masyarakat Brazil aka hal itu, belum lagi olimpiade Rio yang akan digelar 2 tahun lagi yaitu 2016 akan membuat perekonomian Brazil semakin terpuruk. Namun setelah berlangsungnya event tersebut ternyata membawa keuntungan finansial bagi para petinggi negara. Terlepas dari itu semua, gelaran piala dunia kali ini mungkin tidak akan pernah bisa hilang dari memori kita.

Bagaimana banyak sekali rekor serta kejutan yang tercipta dan sangat tidak mungkin dilupakan oleh pecinta sepak bola diseluruh dunia. Terima kasih sudah membaca dan semoga bermanfaat.

0 komentar:

Post a Comment