Khutbah Jum'at di Masjid Annur (18/07/20140



Tidak ada amalan yang lebih baik kecuali bila kita mensyukuri nikmat yang telah diberikan oleh Allah serta menaati perintah – perintahnya. Di dalam Al – Qur’an, Allah memiliki sifat maha pengasih lagi maha penyayang sehingga mustahil Allah membebani hambanya berbagai cobaan kecuali sudah sesuai dengan kadar serta kemampuannya. Orang yang hidup di dunia ini akan mendapat balasan setimpal apa yang telah ia perbuat, mendapatkan pahala jika mengerjakan kebajikan serta mendapatkan murka Allah jika mengerjakan keburukan.

Bukti Allah tidak membebani hambanya kecuali sesuai dengan kemampuannya ada di rukun islam yang 5, yang pertama adalah mengucapkan syahadat. Wajib bagi orang yang ingin masuk islam untuk mengucapkan syahadat. Namun terdapat pengecualian bagi tuna wicara, tidak lagi dengan mengucap tetapi dengan menggunakan cara yang lain. Yang kedua adalah sholat, jika tidak bisa sholat sambil berdiri maka boleh dengan duduk, begitu pula seterusnya. Yang ketiga adalah ibadah zakat, wajib bagi orang kaya untuk mengeluarkan zakat. Tetapi tidak wajib bagi orang miskin untuk berzakat.

Yang keempat adalah puasa, wajib bagi seluruh umat islam untuk berpuasa kecuali yang memiliki halangan sesuai dengan syariat islam, dan jika tidak kuat maka boleh mengganti di hari lain atau membayar fidyah. Yang kelima adalah haji, wajib bagi orang islam yang kaya untuk berhaji tetapi tidak wajib bagi orang miskin untuk menunaikan ibadah haji. Di dalam momentum bulan ramadhan, umat islam cenderung memperbanyak sedekah baik berupa harta yang jumlahnya sedikit maupun banyak serta berupa amalan kebajikan.

Sedekah yang paling simpel menurut imam ghozali yaitu mengucapkan kalimat thayyibah yang termasuk dalam sedekah amalan. Jika untuk orang kaya diwajibkan untuk sedekah kepada fakir miskin, maka fakir miskin dianjurkan untuk tidak atau menahan diri dari meminta – minta. Karena rasulullah SAW. sangat mencela orang – orang yang meminta – minta. Rasulullah SAW. bersabda bahwasanya mulailah memberi sedekah kepada orang – orang yang menjadi tanggung jawabmu, dan sedekah yang paling baik adalah sedekah dari orang yang berkecukupan. Jika kita yakin hidup kita akan dicukupi oleh Allah maka Allah akan mencukupi hidup kita.

Setiap harta yang kita miliki terdapat sepersekian persen bagian dan merupakan hak dari orang fakir miskin sehingga kita harus mengeluarkan shodaqoh kepadanya. Orang miskin bukanlah orang yang meminta – minta kepada orang lain dan kesana kemari hanya untuk mencari sesuap nasi, tetapi orang miskin yang sebenarnya adalah orang yang tidak mendapatkan sesuatu yang dapat mencukupi dirinya, atau kondisinya tidak diketahui sehingga diberi oleh orang lain.

Khutbah : Ahmad Thohir

0 komentar:

Post a Comment