Makalah TIK "Dampak Penggunaan TIK" (BAB 2) part2


C. Perangkat TIK yang menyebabkan gangguan kesehatan

Perangkat – perangkat TIK yang menyebabkan gangguan pada kesehatan diantaranya adalah :
  • Monitor

Monitor adalah salah satu dari perangkat TIK yang berfungsi untuk menampilkan teks maupun gambar dari data yang sedang diproses dalam CPU. Monitor memancarkan 4 radiasi sekaligus yaitu Sinar X, Sinar ultra violet, Gelombang mikro, dan Radiasi elektromagnetik dengan frekuensi rendah. Seperti telah diketahui bahwa energi radiasi dapat mengeluarkan elektron dari inti atom sehingga atom menjadi bermuatan positif dan disebut ion positif. Sementara itu Elektron yang dikeluarkan dapat tinggal bebas atau mengikat atom netral lainnya dan membentuk ion negative.
  • Keyboard

Keyboard adalah sebuah papan ketik yang terdiri atas tombol – tombol untuk mengetikkan kalimat, dan simbol – simbol khusus lainnya pada komputer. Pemakaian keyboard yang terlalu sering dan sifat tombol yang terlalu keras untuk ditekan dapat menimbulkan kelelahan pada jari – jari tangan dan menimbulkan masalah pada tulang pergelangan tangan yang tertekan. Bahkan berimbas pada organ tubuh yang lainnya seperti lengan dan bahu.
  • Mouse

Mouse merupakan salah satu dari perangkat TIK yang digunakan untuk memasukkan data dengan cara menekan tombol klik. Seiring dengan banyaknya aktivitas yang harus menggunakan mouse, perangkat ini juga memberikan sumbangan masalah yang hamper sama dengan yang diakibatkan oleh pemakaian keyboard. Gangguan yang sering terjadi adalah kram pada tangan.
  • Headset / Headphone

Headset atau Headphone adalah salah satu dari perangkat TIK tambahan yang berfungsi untuk mendengarkan musik atau suara apa pun yang ada di perangkat TIK. Penggunaan headset atau headphone yang terlalu sering dapat menyebabkan kuman – kuman yang menempel pada alat tersebut berpindah ke telinga dan menyebabkan infeksi dan gangguan pendengaran.

D. Faktor yang menyebabkan terjadinya gangguan kesehatan

Setidaknya ada empat faktor penting yang menyebabkan terjadinya gangguan kesehatan dalam penggunaan TIK yaitu :
  • Perangkat TIK yang tersedia di pasaran dirancang dan disesuaikan dengan dan untuk orang yang ada “ di dunia barat ” atau orang – orang eropa yang sudah kita ketahui memiliki postur tubuh yang berbeda dengan kebanyakan orang Indonesia.
  • Kurangnya kepedulian orang – orang yang bekerja dengan perangkat TIK. Bila keadaan terus menerus seperti ini, akan mengakibatkan vabyak jam kerja akan hilang, keuntungan perusahaan akan berkurang, dan biaya pengobatan akan bertambah.
  • Operator komputer bekerja selama ber jam – jam dengan sikap duduk yang statis atau tetap. Dengan gerakan tangan yang berulang – ulang dengan keadaan yang relatif sama, operator computer memiliki resiko yang cukup tinggi untuk mendapat cedera yang bersifat kumulatif pada otot.
  • Faktor resiko ini akan semakin tinggi dengan lamanya durasi kerja. Dengan posisi duduk yang buruk, posisi leher yang salah, tempat kerja yang kurang memadai, penempatan layar monitor komputer, keyboard atau kertas yang salah.
Terima kasih sudah membaca dan semoga bermanfaat.

0 komentar:

Post a Comment