Mandi Pagi Setelah Sahur


Bulan ramadhan sudah datang, bagi umat islam diwajibkan untuk berpuasa satu hari penuh dari terbitnya fajar sampai tenggelamnya matahari selama satu bulan penuh. Di dalam berpuasa, tentunya diawali dengan menyantap sahur pada saat sebelum terbit fajar atau sebelum adzan shubuh berkumandang. Setelah sahur tentunya kegiatan setiap orang berbeda, ada yang mengikuti jama’ah shubuh ke masjid, ada yang setelah sholat shubuh kemudian tidur, dan ada juga bagi kebanyakan orang yang tidur karena kekenyangan setelah menyantap sahur. Padahal tidur yang sangat dibenci oleh Allah adalah tidur setelah sholat ashar, setelah sholat shubuh dan setelah sahur.

Menurut suatu riwayat tentang rasulullah SAW. bahwasanya beliau tidak pernah sakit sepanjang hayatnya karena pandai menjaga kesehatannya, dan salah satu rutinitas yang beliau jalani setiap harinya dan tidak pernah dilewatkannya adalah mandi sebelum shubuh. Karena menurut penelitian yang dilakukan oleh Dr. Abdul Hamid Dayyat dari Universitas Kairo Mesir, mendapati bahwa pada waktu fajar kandungan gas O2 atau oksigen di udara sangatlah tinggi dibandingkan saat – saat lainnya, dan kandungan O2 tersebut terus berkurang dan menipis hingga sore hari. Gas O2 mempunyai pengaruh yang sangat positif pada urat syaraf, dan mengaktifkan serta meningkatkan kerja otot dan tulang.

Selain manfaat yang sudah disebutkan di atas, ada banyak sekali manfaat yang diperoleh ketika kita mandi pagi sebelum sholat shubuh. Seperti melancarkan peredaran darah, membuat kulit menjadi halus, efektif untuk menurunkan resiko darah tinggi, mampu meningkatkan kandungan sel darah putih dalam tubuh untuk pembekuan darah, efektif untuk meningkatkan kesuburan, membuat rambut lebih sehat, dan lain sebagainya. Oleh karena itu, setelah menyantap sahur sebaiknya melakukan mandi pagi. Selain membuat tubuh segar, juga membuat kita tidak mengantuk sehingga bisa melaksanakan sholat shubuh berjamaah dengan khusyu’ tanpa ada gangguan oleh tubuh yang mengantuk, serta mengurangi rasa malas untuk melaksanakan aktivitas sehari – hari di bulan ramadhan dalam keadaan berpuasa. Sangatlah rugi jika melewatkan mandi pagi sebelum sholat shubuh atau setelah sahur, karena melihat manfaat yang begitu besar bagi kesehatan tubuh.

Terima kasih sudah membaca dan semoga bermanfaat.

0 komentar:

Post a Comment