Cara membuat puisi kilat


Puisi kilat adalah puisi yang dibuat secara cepat dalam waktu yang singkat, makanya disebut sebagai puisi kilat. Tentu pembaca berfikir kalau puisi kilat tidak memiliki keindahan seperti pada puisi umumnya. Walaupun dibuat dengan cara yang cepat, namun tetap memiliki unsur intrinsik dari puisi itu sendiri.

Berikut adalah langkah langkah yang harus dijalani untuk membuat puisi kilat :

  • Pertama kali yang harus ditentukan adalah tema dari puisi itu, apakah puisi itu bertema romansa, ode atau bahkan satire
  • Kedua adalah membuat medan kata. Setelah kita menentukan tema, kita harus membuat medan katanya. Medan kata adalah kumpulan dari kata - kata yang bisa menjadi penyusun dalam puisi. Kita bisa memperolehnya dari diri sendiri, atau meminta satu kata dari teman kita.Yang perlu di ingat adalah kata dari medan kata ini bisa di gunakan semuanya atau bisa juga digunakan sebagiannya terserah kita. Berikut adalah contoh dari medan kata :
Waktu     Perjuangan     Berputar     Tikus      Korupsi     Kemewahan     Amarah      Terbit     Wakil rakyat    Sandiwara     Ikhlas     Bergantung     Cahaya     Gila    Kekuasaan

  •  Lalu tinggal dirangkai kata kata dari medan kata yang telah dibuat. Berikut adalah puisi yang saya buat dari medan kata diatas yang bertema Satire (Keritikan) :
Pembasmi Tikus - Tikus Rakyat

Ketika waktu terus berputar
Menghiasi perjuangan para kesatria
Untuk membasmi tikus - tikus rakyat
Yang terus menerus mengejar kemewahan
         Jiwa rakyat seakan menangis
         Melihat wakil rakyat yang bersandiwara
         Kepercayaan rakyat seakan surut
         Walaupun dengan presiden sekalipun
Terbit cahaya terang di ujung timur
Cahaya yang memancarkan keikhlasan
Perjuangan tanpa pamrih
Rakyat seakan bergantung pada cahaya itu
Cahaya yang memancar
Dari gedung yang bertuliskan KPK

0 komentar:

Post a Comment